Kamis, 26 September 2013



1.              Penegak Bantara

Pengertian
Bantara adalah seorang anggota pramuka yang mampu mengembangkan dirinya nanti, berguna bagi dirinya, orangtua, masyarakat, dan Negara, dengan tidak pandang bulu/derajat.

Penegak Bantara adalah Calon Penegak yang telah memenuhi SKU bagian Penegak Bantara dan mentaati adat istiadat Ambalan. Perpindahan dari Calon Penegak menjadi Penegak Bantara dilaksanakan dengan upacara pelantikan yang bersangkutan degan mengucapkan janji Tri Satya dengan sukarela dan memakai tanda tingkatan untuk Penegak Bantara.

Selama menjadi Penegak Bantara diberi kesempatan latihan untuk membaktikan diri kepada masyarakat dan membentuk kepribadian yang kuat.

2.              Penegak Laksana

Penegak Laksana adalah Penegak yang telah memenuhi SKU bagi Penegak Laksana dan mentaati adat Ambalan. Perpindahan dari Penegak Bantara menjadi Penegak Laksana dilaksanakan dengan upacara Kenaikan Tingkat dengan mengucapkan janji Tri Satya dengan sukarela dan berhak memakai tanda tingkat Penegak Laksana.

3.      Tahap-tahap Menuju Penegak Bantara dan Laksana

a.      Calon penegak / tamu
a/: Tahap dimana perpindahan dari penggalang menjadi penegak (3 Bulan)

b.      Penegak
a/: Dimana perpindahan dari tamu menjadi menjadi penegak (6 Bulan)

c.       Penegak Bantara
a/: Perpindahan dari penegak menjadi penegak Bantara dengan syarat yang telah ditentukan oleh Dewan Ambalan dengan cara mengisi SKU  Bantara.

d.      Penegak Laksana
a/: Perpindahan dari penegak Bantara menjadi penegak Laksana dengan syarat yang telah ditentukan oleh Dewan Ambalan dengan cara mengisi SKU Laksana

Catatan : Sifat kegiatan kepramukaan untuk penegak ; Belajar 75 % dan Bermain 25 %.

0 komentar :

Posting Komentar